Ringankanlah Beban Anda – Hal Sederhana Yang Bisa Membuat Anda Lebih Efektif

Sejenak sebelum anda membaca artikel ini, cobalah melihat bagaimana hidup anda, renungkan sejenak apa yang Anda rasakan saat ini?

Apakah Anda seperti seekor keledai yang membawa beban berat? Hal ini tidaklah mengherankan, kita selalu lelah dengan beban berat yang kita bawa. Beban ini bukan hanya dari fisik yang kita bawa tapi juga beban emosional dan mental yang kita bawa dikepala kita. Setiap hari saat kita berangkat bekerja, kita melihat banyak orang-orang membawa beban ransel berat dipunggung mereka, tas kerja, tas laptop, dompet, gerobak dorong dan masih banyak lainnya lagi! Hal itu adalah beban-beban yang kasat mata.

Ketika pulang bekerja, mungkin pekerjaan Anda mengharuskan Anda membawa beberapa pekerjaan untuk menyelesaikannya dirumah. Tapi pada saat Anda pulang, apakah Anda mengerjakan pekerjaan Anda? Atau Anda sudah terlalu lelah? Kemudian apa yang terjadi? Anda membawanya kembali ke kantor Anda keesokan harinya!

Kita berpikir saat pulang dari tempat kerja, “Ah aku mau kerjakan dirumah sebagian pekerjaanku ini”, dan akhirnya kita membawa laptop rumah untuk mengerjakannya, tapi apakah kita benar-benar melakukannya? Belum tentu, kebanyakan tidak bukan? Anda membawa semua barang yang Anda sepertinya anda butuhkan, seperti pakaian olahraga, botol air, CD, buku, sepatu tambahan dan segudang benda-benda lainnya yang sebenarnya hanya untuk berjaga-jaga.

Coba tanyakan pada diri Anda sendiri, bagaimana jika Anda tidak perlu untuk membawa semua benda-benda ini dengan Anda setiap harinya?

Bagaimana dengan rumah Anda? Begitu banyak barang juga kan? Majalah menumpuk untuk hari kapan Anda akan membacanya? Pakaian tergantung dilemari yang tidak pernah lagi Anda pakai dalam setahun? Sekotak barang yang menumpuk tanpa Anda tahu lagi apa isinya dan untuk apa? Surat-surat lama menumpuk dimeja?

Memiliki banyak hal yang tidak teratur disekitar Anda dapat mengacaukan pikiran Anda. Ini mulai membanjiri pikiran Anda dan Anda tak tahu harus dari mana membereskan semuanya itu. Anda mulai khawatir mengenai hal itu apa yang harus Anda lakukan dan dimana Anda akan menempatkan barang-barang tersebut. Sejenak Anda dapat berpikir mengenai hal tersebut namun untuk kemudian Anda hanya terus mempurburuk.

Kemudian ada beban emosional yang  anda bawa, yang membebani secara non fisik, yang tidak dapat ditangkap indra penglihatan kita, seperti pikiran mengenai anak-anak kita yang bermasalah, perasaan emosional akibat pertengkaran dengan pasangan, persoalan ekonomi, yang semuanya itu tentu sangat membebani diri kita, bukan secara fisik tapi secara mental. Marah, depresi, masalah keuangan, hubungan, pekerjaan, hal tersebut bisa menambah beban berat yang sudah anda bawa.

Jika anda memulai untuk menangani masalah ini, mungkin akan lebih mudah bagi Anda untuk menangani kekacauan lain dalam hidup Anda. Pada saat yang sama mungkin Anda akan menemukan bagaimana untuk menangani dan menyingkirkan kekacuan fisik dan akan membantu beban emosional dan mental Anda.

Mulailah untuk meringankan beban Anda dengan cara membuat daftar. Apa hal yang pertama akan Anda bereskan untuk meringankan beban Anda. Berikutnya menguraikan langkah-langkah selanjutnya yang harus Anda ambil untuk mengurangi kekacauan dihidup Ada. Memecahnya dan memulainya dari hal-hal yang kecil, misalnya untuk membersihkan dan menata lemari Anda memulainya dari kamar Anda terlebih dahulu kemudian akan bertahap keseluruh rumah. Membuang atau menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi, kemudian Anda bisa menggunakan uangnya untuk sekedar melakukan perawatan kesalon dan mengurangi stress Anda. Berjanjilah untuk tidak membawa barang bolak-balik kekantor.

Setelah Anda mulai untuk meringankan beban Anda, Anda akan merasakan seperti memiliki banyak energi, pikiran yang jelas, perasaan lega, dan pandangan yang lebih bahagia. Anda tidak perlu khawatir dengan hal-hal ini dan itu yang dapat mengacaukan pikiran Anda, dan Anda dapat terus maju lebih jauh dalam kehidupan dengan beban yang lebih ringan.

0 Comments

Add Yours →

Leave a Reply